Apa Aja

Apa Aja

Senin, 05 Desember 2016

YAKIN SEMUA DOA TERKABULKAN


Mungkin banyak yang bertanya, kenapa ko’ doa saya belum juga terkabulkan juga sampai sekarang padahal dalam al-Qur’an dikatakan yang artinya Berdo'alah kepadaku, niscaya akan kuperkenankan bagimu” (QS. Ghafir:60).  Jawabannya adalah doa akan terkabulkan sesuai dengan apa yang seorang hamba itu butuhkan bukan apa yang ia inginkan karena tentunya akan disesuaikan dengan kebutuhannya saat ini, jadi jangan khawatir Allah Maha Tahu mana yang terbaik untuk hambanya.
Bahkan saya pribadi pernah mendengar nasehat dari Abah Hasyim bahwa doa’ yang tidak dikabulkan merupakan jawaban Allah karena apa yang diminta itu tidak cocok untuk kita sendiri. Maka dari itu, perlunya intropeksi diri dulu terhadap semua yang dibutuhkan atau diinginkan layak atau tidaknya atau mampukah kita mempertanggungjawabkannya nanti di kemudian hari.
Yang Allah berikan akan dipertanggungjawabkan semua di sana sebab yang ada dalam diri kita hanya Allah lah yang berhak atas semuanya. Kita hanya numpang pakai lalu akan dimintai pertanggungjawaban tentunya. Sudah digunakan kepada kebaikan atau sebaliknya. Jadi sungguh manusia terkadang lupa kalau apa yang dimilikinya saat ini sewaktu-waktu pemilik aslinya akan mengambilnya.

Wahai para pembaca tulisan ini, inilah perasaan dan pikiran saat ini. Kadang memang saya sendiri lupa bahwa apa yang saya miliki seolah-olah akan kumiliki semua padahal itu hanya pikiran secara hawa nafsu saja bahkan terkadang merasa kenapa saya tidak sekaya dan sehebat orang itu padahal hidup yang kita keluhkan sekarang bisa jadi hidup yang orang lain inginkan saat ini. Jadi intinya banyak bersyukur. Kalau orang sudah pandai bersyukur maka dia tidak akan pernah takut kehabisan harta sebab semuanya hanya titipan sementara dari Sang Pemberi. Wallahu a’lam Bishshawab ditulis pas ketika semua orang tertidur di kamar pukul 20;50 tanggal 05/12/2016 di Pesma Al-Hikam Malang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar