Apa Aja

Apa Aja

Senin, 15 Agustus 2016

SUASANA BARU PESANTREN


Iringan suara anak-anak berderetan menuju ke mesjid seakan mengingat masa lalu ketika dalam suasana pesantren walau sebenarnya saya bolak-balik saja dari rumah ke pesantren begitu seterusnya sampai selesai 6 tahun.
Mengingat itu juga merupakan hal yang menyenangkan hati dan pikiran, betul-betul suasana pesantren hangat akan kebersamaan dan kesederhanaan walau sebenarnya anak-anak yang tinggal mondok di al-Ikhlas ini rata-rata orang tuanya adalah orang yang menengah ke atas. Oleh karena itu, perlu memang diajarkan kesederhanaan bagi mereka.
Pesantren adalah tempat menimbah ilmu dan belajar cara bersosial sehingga mereka dilatih untuk siap tinggal di masyarakat. Bukan hanya itu, mereka juga dilatih bagaimana menggalakkan ibadah setiap harinya terutama sholat lima waktu bahkan hal-hal yang sunnah pun dilakukan.
Berputar di pesantren tidak terasa 24 jam karena banyaknya kegiatan  sehingga waktu terasa sedikit dan hal itu berjalan terus menerus sampai tidak terasa ternyata sudah satu minggu berlalunya. Tidak sembarang juga orang yang tinggal di pesantren sebab tidak sedikit juga orang tidak bisa bertahan. Hanya orang-orang yang sabar dan bertanggungjawab mampu untuk bertahan sampai bertahun-tahun.
Disinilah pesantren yang mempu menciptakan generasi-generasi yang baik dan tangguh dalam menghadapi persaingan dan tantangan yang sekarang ini sudah masuk era persaingan global. Sehingga pendidikan pesantren sudah bisa menghalau itu semua. 25/07/16


Tidak ada komentar:

Posting Komentar